PELAKSANAAN UAS THE 2021.2

Pemberitahuan kepada mahasiswa Universitas Terbuka (UT) Ambon yang melakukan registrasi mata kuliah semester 2021/22.1 (Masa 2021.2), tentang pelaksanaan Ujian Akhir Semester Take Home Exam semester 2021/22.1 (Masa 2021.2) sebagai berikut:
 
A. BENTUK DAN MODUS PELAKSANAAN UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)
 
1). Pelaksanaan UAS dilakukan melalui modus Take Home Exam (THE), dimana jawaban ujian dikerjakan mahasiswa ditempat domisili dan boleh buka buku (open book), dengan tetap mentaati dan menjunjung tinggi integritas akademik yang berlaku.
2). Soal UAS bukan tes objektif, melainkan berupa tes uraian tugas, projek, atau bentuk lain yang menguji kemampuan mahasiswa untuk dapat menerapkan konsep atau kompetensi esensial suatu mata kuliah dalam sebuah konteks.
3).  Naskah soal dan Buku Jawaban Ujian (BJU) UAS-THE mata kuliah diunduh (download) dan diunggah (upload) secara online pada laman the.ut.ac.id 

 

 
 
 
 
 
 
 
 
B. JADWAL PELAKSANAAN UAS-THE 
1). Prog. Diploma & Sarjana : 19 s/d 31 Desember 2021
2). Prog. Magister : 08 s/d 30 Januari 2022
3). Prog. Doktor : 08 s/d 24 Januari 2022

 

 
  
 
 
C. DAFTAR MATA KULIAH DAN JANGKA WAKTU PENGERJAAN SOAL UAS-THE
 
1).  Setiap mata kuliah diujikan dalam satu hari ujian.
2). Khusus bagi mahasiswa yang memiliki jam ujian mata kuliah ‘bentrok’ dengan mata kuliah lain, yang bersangkutan harus mengunduh dan mengerjakan soal UAS-THE, serta mengunggah BJU UAS THE pada satu hari yang sama.
3). Daftar dan Jadwal UAS-THE seluruh mata kuliah yang diregistrasi mahasiswa pada Semester 2021/22.1 (2021.2) tercantum pada Kartu Tanda Peserta Ujian (KTPU) UAS-THE.
4). KTPU UAS THE setiap mahasiswa peserta ujian (contoh pada Lampiran IV) dapat diunduh dari laman https://sia.ut.ac.id mulai tanggal 1 – 17 Desember 2021.
5). Mahasiswa program Diploma, Sarjana (S1), dan Magister (S2)
 
  • Jangka waktu pelaksanaan UAS THE setiap mata kuliah mulai dari mengunduh soal hingga mengunggah BJU UAS THE maksimal 12 (dua belas) jam pada hari yang sama. Khusus untuk mata kuliah MSLK5105, MSLK5107, MSLK5202, MSLK5203 program Magister (S2) jangka waktu mengunduh soal hingga mengunggah BJU UAS THE maksimal 7 (tujuh) hari.
 
  • Waktu maksimal 12 (dua belas) jam dihitung dari catatan waktu file soal diunduh pertama kali pada server THE
 
  • Mahasiswa dapat mengunggah BJU UAS-THE jawaban ujian yang telah selesai dikerjakan.
6). Mahasiswa program Doktor (S3)
 
  • Jangka waktu pelaksanaan UAS setiap mata kuliah mulai dari mengunduh soal hingga mengunggah BJU UAS-THE jawaban ujian maksimal 7 (tujuh) hari.
 
  • Mahasiswa dapat mengunggah BJU UAS-THE jawaban ujian yang telah selesai dikerjakan.
7). Pengaturan jadwal dan jangka waktu pelaksanaan UAS setiap mata kuliah, termasuk mengunduh soal dan menggunggah BJU UAS-THE, dikendalikan secara otomatis oleh sistem aplikasi. Apabila mahasiswa tidak mengunggah BJU dalam jadwal dan jangka waktu yang telah ditentukan, maka yang bersangkutan dianggap tidak mengikuti UAS THE.

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
D. KETENTUAN MENGERJAKAN SOAL UAS-THE
 
1). Mahasiswa harus mengunduh sendiri secara langsung naskah soal dari aplikasi THE pada laman the.ut.ac.id, sesuai dengan mata kuliah dan jadwal yang tertera pada KTPU UAS-THE.
2).
Mahasiswa dapat mengunduh soal beberapa kali dengan catatan waktu counter akan dihitung pada pertama kali file diunduh pada sistem.
3). Mahasiswa tidak dapat mengunggah BJU UAS-THE tanpa mengunduh terlebih dahulu naskah soal UAS-THE.
4). Mahasiswa menulis/mengerjakan jawaban dalam BJU UAS THE. BJU yang diunggah harus sama kode mata kuliah dan nama mata kuliahnya dengan soal yang diunduh dari laman the.ut.ac.id.

 

 
 
 
 
 
 
 
 
E. LAYANAN HELPLINE
UT Ambon menyediakan fasilitas untuk membantu peserta UAS-THE yang mengalami kendala saat ujian, sebagai berikut:
  • Fasilitas yang disediakan berupa layanan helpline  secara daring menggunakan Microsoft Teams
  • Jadwal pelayanan helpline:
    • ​19 - 24 Desember : 09.00 - 24.00 WIT
    • 26 - 31 Desember : 09.00 - 24.00 WIT
  • ​Link Helpline: https://sl.ut.ac.id/ambonuasthe20212 atau klik disini.