PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2022.1
Informasi Admisi dan Registrasi Program Diploma dan Sarjana Semester 2021/22.2 (2022.1)
Sehubungan dengan perubahan skema admisi dan registrasi program Diploma dan Sarjana, kami sampaikan bahwa mulai semester 2021/22.2 (2022.1) terdapat tiga tahapan pelaksanaan admisi dan registrasi diantaranya adalah 1) Admisi; 2) Registrasi Data Pribadi; dan 3) Registrasi Mata Kuliah. Berikut adalah penjelasannya.
Tahap I: Admisi
- Admisi dilaksanakan untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa lebih mengenal Universitas Terbuka
- Admisi dapat dilakukan melalui
- Laman https://sia.ut.ac.id/ dengan memilih menu Admisi Sarjana dan Diploma untuk mahasiswa baru
- UPBJJ-UT
- Calon mahasiswa mengisi data pribadi dan alamat email aktif yang belum terdaftar di UT. Sistem akan mengirimkan link aktivasi ke email calon mahasiswa untuk melakukan proses verifikasi email yang telah di daftarkan
- Jika sudah berhasil verifikasi, calon mahasiswa dapat mengakses akunnya pada laman https://sia.ut.ac.id/ dengan menggunakan email dan password yang telah didaftarkan. Selain itu, calon mahasiswa dapat langsung mencetak Lembar Informasi Pembayaran Admisi (LIP-A) pada laman tersebut. Bagi calon mahasiswa yang melaksanakan pendaftaran melalui UPBJJ-UT, LIP-A dapat langsung di cetak di UPBJJ-UT tersebut
- Calon mahasiswa dapat melakukan pembayaran billing Admisi melalui BRI / BTN / Mandiri / BNI / Alfagroup / Tokopedia/ Indomaret sebesar Rp. 100.000, -
- Setelah billing dinyatakan lunas dari bank, calon mahasiswa dapat mengunduh Katalog dan KIT Universitas Terbuka
- Pembayaran LIP-A yang telah lunas tidak dapat dikembalikan
- Bagi mahasiswa beasiswa tetap harus melakukan proses admisi dan melakukan pembayaran LIP-A
- Batas admisi dan batas bayar admisi dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2021- 9 Februari 2022.
Tahap II: Registrasi Data Pribadi
- Registrasi Data Pribadi dilakukan jika calon mahasiswa sudah siap menjadi mahasiswa UT Calon mahasiswa diharapkan sudah membaca katalog dan KIT Universitas Terbuka sebelum melakukan registrasi data pribadi
- Registrasi data pribadi dilakukan melalui laman https://sia.ut.ac.id/ menu Admisi Sarjana dan Diploma untuk mahasiswa baru
- Data yang harus diisi calon mahasiswa adalah
- Data diri lengkap calon mahasiswa
- Informasi kontak
- Informasi akademik dan alih kredit
- Informasi tambahan
- Pendataan guru (jika mengambil program studi FKIP)
- Kelompok belajar (untuk jurusan Pendas)
- Pendaftaran difable
- Unggah berkas wajib
- Calon mahasiswa wajib menggungah seluruh hasil scan berkas yang disyaratkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
- Validasi akan dilakukan BAKP Registrasi dalam waktu maksimal 3x24 jam
- Jika sudah berhasil divalidasi, maka calon mahasiswa mendapatkan email sudah tervalidasi. Selain itu, calon mahasiswa akan mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan dinyatakan resmi sebagai Mahasiswa UT
- Mahasiswa dapat mencetak Kartu Tanda Mahasiswa Sementara (KTMS) dan Surat Pernyataan. Surat pernyataan akan muncul apabila mahasiswa mengambil skema AKPMM.
- Mahasiswa dapat melihat Dashboard pada laman https://sia.ut.ac.id/ yang menampilkan informasi profil mahasiswa, info billing tagihan, perkembangan akademik dan Agenda kegiatan akademik dapat digunakan untuk membantu mahasiswa selama kuliah di UT.
- Registrasi data pribadi dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2021 – 9 Februari 2022.
Tahap III: Registrasi Mata Kuliah
- Registrasi mata kuliah dilakukan melalui https://sia.ut.ac.id/ menu Admisi Sarjana dan Diploma untuk mahasiswa baru. Selanjutnya sistem akan menerbitkan tagihan berupa Lembar Informasi Pembayaran Registrasi (LIP-R)
- Pembayaran LIP-R melalui BRI/BTN/Mandiri/BNI/Alfagroup/Tokopedia/Indomaret sebelum batas akhir tanggal pembayaran SPP
- Setelah pembayaran dinyatakan lunas, mahasiswa akan mendapatkan email tentang username dan password email ecampus.ut.ac.id
- Selanjutnya mahasiswa mengakses laman https://sia.ut.ac.id/ dengan menggunakan email ecampus.ut.ac.id
- Registrasi mata kuliah dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2021 – 15 Februari 2022.