UT Ambon Gelar OSMB dan PKBJJ Luring dan Daring kepada mahasiswa Baru periode 2022.2

 

2.jpg

 

Pengenalan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru senantiasa dilakukan untuk mempersiapkan mahasiswa sebelum mengikuti proses pembelajaran. Hal tersebut yang diterapkan oleh Universitas Terbuka Ambon melalui Kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) bagi mahasiswa baru masa 2022.2 dalam rangka mengenalkan kehidupan kampus digelar dari tanggal 8 sampai 11 september 2022.

OSMB dan PKBJJ yang diselenggarakan oleh UT Ambon periode ini diselenggarakan sedikit berbeda dengan beberapa periode sebelumnya. Pada kegiatan ini digunakan dua skema yakni luring dari tanggal 8-9 Septembar 2022 di Hotel Amaris dan daring dari tanggal 10-11 September 2022 di kantor UT Ambon dengan harapan dapat menjangkau semua mahasiswa di wilayah Provinsi Maluku.

Pembukaan kegiatan OSMB UT Ambon ditandai dengan penyematan jaket almamater kepada mahasiswa yang diwakilkan oleh dua orang mahasiswa. Direktur UT Ambon, Adrianto S.E., M.M dalam sambutanya menuturkan layanan ini (OSMB) ini kami sediakan dalam rangka menambah wawasan kepada mahasiswa baru untuk dapat memahami Universitas Terbuka yang diantara meliputi beragam program akademik, termasuk bagaimana mengenal sistem pembelajaran dan beragam fasilitas pembelajaran yang disediakan UT kepada mahasiswa.

Selain memperkenalkan sistem pembelajaran jarak jauh OSMB juga sebagai ajang perkenalan antara mahasiswa dengan para Koordinator dalam bentuk penyampaian materi dan diskusi.  Melalui manejer Bahan Ajar dan Tutorial (BAT) mahasiswa dapat mengetahui beragam layanan bantuan belajar yang tersedia di UT, begitu juga proses registrasi dan skema layanan ujian akhir semester (UAS) informasi ini didapatkan melalui pemaparan dari manajer Registrasi dan Asesment, dan yang tak kalah pentingnya materi pemanfaatan layanan UT Online, materi ini menyajikan informasi tentang berbagai macam layanan online, seperti Tutorial Online, bahan ajar digital, ruang baca virtual serta akses office 365.

Selain OSMB UT Ambon juga menggelar kegiatan PKBJJ (Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh), kegiatan bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa, keterampilan yang diberikan diantaranya Kemampuan Menyusun rencana, target belajar, Keterampilan membaca dan merekam hasil baca serta keterampilan memanfaatkan layanan UT Online yang nantinya dapat membantu dalam mensukseskan proses belajar mahasiswa di UT. Kegiatan ini mewajibkan peserta untuk dapat membuat target dan perencanaan belajar serta melatih mahasiswa untuk mempraktekkan cara membaca cepat dan merekam hasil baca, dengan bantuan oleh instruktur yang berpengalaman.

 

Publish: 14 September 2022