UT AMBON GELAR OSMB & PKBJJ DARING, ADRIANTO: KEMANDIRIAN, KUNCI SUKSES KULIAH DI UT

 

a.jpg

UPBJJ-UT Ambon, baru saja menggelar Oriantasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) masa registrasi 2022.1 secara dari Daring (dalam jaringan) kepada seluruh mahasiswa baru seluruh kabupaten kota di propinsi Maluku, Sabtu (19/03/2022)

Kegiatan OSMB ini merupakan salah satu kegiatan pengenalan kepada mahasiswa tentang sistem pembelajaran jarak jauh yang diterapkan dalam proses pembelajaran yang menekankan pada kemandirian mahasiswa.

Pembukaan kegiatan OSMB UT Ambon ditandai dengan penyematan jaket almamater kepada mahasiswa yang diwakilkan oleh dua orang mahasiswa. Direktur UT Ambon, Adrianto S.E., M.M dalam sambutanya menuturkan pentingnya mahasiswa baru mengenal system pembelajaran yang di terapkan di UT, oleh karena itu kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa agar mampu menjadi pembelajar yang mandiri demi meraih kesuksesan di UT. Diakuinya, pendidikan jarak jauh membutuhkan motivasi yang kuat dari setiap mahasiswa karena, perbedaan kultur yang pernah didapatkan dan yang akan dilalui di UT ini menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa sehingga kemandirian menjadi kunci bagi mahasiswa UT dalam meraih kesusksesan dalam menjalani perkuliahan UT.

b.jpg

Kegiatan ini, OSMB selain memperkenalkan sistem pembelajaran jarak jauh ada juga pemaparan materi dari para menajer untuk memperkenalkan layanan yang tersedia, dari layanan Registrasi dan Pengujian, Layanan Bantuan Belajar serta layanan UT Online. Pada kesempatan itu juga hadir salah satu alumni UT Ambon yaitu Grace Abraham yang membagikan pengalamannya selama menjadi mahsiswa UT. Akhir dari kegiatan OSMB ini mahasiswa di cerahkan melalui kuliah umum dengan tema Pembinaan Kesadaran Bela Negara yang di bawakan oleh Yefta M. Malasa, SH., MH, salah satu tutor UT Ambon yang bertugas sebagai anggota polisi di Polda Maluku.

Selain OSMB UT Ambon juga menggelar kegiatan PKBJJ (Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh), PKBJJ merupakan salah satu upaya UT untuk mempercepat mahasiswa baru beradaptasi dengan system pembelajaran jarak jauh yang menghendaki setiap mahasiswa mampu mempelajari materi perkuliahan secara mandiri tanpa tergantung kepada dosen.

c.png

PKBJJ Bertujuan agar mahasiswa dapat menguasai keterampilan belajar efektif, keterampilan membaca dan merekam hasil baca, keterampilan mengakses berbagai layanan online UT, termasuk layanan tutorial online (tuton) sebagai pengganti kuliah tatap muka, dan memastikan kesanggupan mahasiswa UT dalam menyusun rencana dan target belajar serta mengelola waktu belajar dengan baik. Materi ini di bawakan oleh instruktur yang merupakan para dosen di UT Ambon.

Kegiatan yang di selenggarakan pada hari minggu 20/03/2022 ini terlihat antusiasme mahasiswa yang aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan dari para instruktur. Di akhir dari rangkaian kegiatan ini pada acara penutupan Adrianto, selaku Direktur UT Ambon mengucapkan terima kasih kepada para mahasiswa baru UT Ambon yang tetap semangat mengikuti kegiatan ini (OSMB dan PKBJJ), “Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menciptakan mahasiswa UT Ambon yang berkarakter mandiri sebagai kunci utama meraih kesuksesan dalam menjalani perkuliahan dengan sistem pembelajaran jarak jauh di UT” harapnya.

d.jpg

 

 

Peserta OSMB & PKBJJ silahkan mengunduh sertifikat dibawah ini

Kegiatan Sertifikat Password
OSMB https://sl.ut.ac.id/Sertifikat_OSMB86_20221  cek disini
PKBJJ https://sl.ut.ac.id/Sertifikat_PKBJJ86_20221  cek disini