224 Mahasiswa Baru UT Ambon dari semua Kabupaten dan Kotamadya di provinsi Maluku mengikuti Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh Mahasiswa Baru (LPKBJJ) Masa 2021.2 yang diselenggarakan dari kantor UT Ambon pada tanggal 25-26 September 2021 secara daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan ini terdiri dari Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ).

 

  • OSMB dilaksanakan pada tanggal 25 September 2021.

 

img_0677.jpg

Kegiatan  OSMB ini dilaksanakan secara online (Daring) dibuka secara resmi oleh kepala UPBJJ-UT Ambon Adrianto, S.E., MM, kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa baru seluruh pokjar UT Ambon. Setelah membuka secara resmi kegiatan OSMB dilanjutkan dengan pemaparan materi Mengenal Universitas Terbuka oleh direktur UT Ambon, materi selanjutnya dibawakan oleh Drs. Justinus E. Ratlalan, M.Si (plh. Manajer Bahan Ajar dan Tutorial) yang memberikan materi Layanan Belajar dan Kegiatan Kemahasiswaan, Nonce Wattimena, S.Pd (Kabag TU) yang menyampaikan materi Kode etik UT, Meitha M. Kaihatu, S.Pi., M.Si (Manejer Registrasi & Asesmen), Rahman Hasim, S.IP., M.Si  membawakan materi Kegiatan Kemahasiswaan, Farradi A. Ruskanda (ICT) materi yang diberikan meliputi Layanan  Sumber belajar dan Langkah sukses belajar di UT dan pada akhir kegiatan penyampaian materi oleh mahasiswa beprestasi calon alumni UT Ambon, Imam Khoirudin yang membawakan materi kiat sukses kuliah di UT.

img_0635.jpg    2_0.png

 

  • PKBJJ (Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh) dilaksanakan pada tanggal 26 September 2021

 

PKBJJ sendiri terbagi menjadi 3 lokasi. Adapun pelaksanaan kegiatan dari setiap lokasi yaitu:

  1. Pokjar Kota Ambon, Pelaksanaan kegiatan PKBJJ pada Pokjar Kota Ambon ini di bawakan oleh tiga orang instruktur dimana instruktur pertama Adrianto, SE., MM, membawakan materi Keterampilan Perencanaan Belajar, Materi selanjutnya dibawakan oleh M. Tahir Karepesina yang membawakan materi Keterampilan Membaca dan Merekam Hasil Membaca dan materi terakhir di bawakan Oleh Jeane K. Nirahua yang membawakan materi Keterampilan memanfaatkan layanan UT Online.
  2. Pokjar Malteng, SBB, SBT, Buru, Buru Selatan,  Pelaksanaan kegiatan PKBJJ pada Pokjar Kota gabungan ini di bawakan oleh tiga orang instruktur dimana instruktur pertama Drs. J. E. Ratlalan, M.Si membawakan materi Keterampilan Perencanaan Belajar, Materi selanjutnya dibawakan oleh Meitha M. Kaihatu, S.Pi., M.Si yang membawakan materi Keterampilan Membaca dan Merekam Hasil Membaca dan materi terakhir di bawakan Oleh Farradi A. Ruskanda, S.Kom yang membawakan materi Keterampilan memanfaatkan layanan UT Online.
  3. Pokjar Kep. Aru, Kep Tanimbar, MBD dan Salut Tual/Malra. Pelaksanaan kegiatan PKBJJ pada Pokjar Kota gabungan ini di bawakan oleh tiga orang instruktur dimana instruktur pertama Wildoms Sahusilawane, SE., M.Si yang membawakan materi Keterampilan Perencanaan Belajar, Materi selanjutnya dibawakan oleh Azizah M. Annisa, S.Pd., M.Pd yang membawakan materi Keterampilan Membaca dan Merekam Hasil Membaca dan materi terakhir di bawakan Oleh Rahman Hasim, S.IP., M.Si yang membawakan materi Keterampilan memanfaatkan layanan UT Online.

gabung.jpg

OSMB dan PKBJJ adalah rangkaian awal dari LPKBJJ yang akan dilanjutkan dengan Workshop Tugas dan Klinik Ujian.  Dengan LPKBJJ diharapkan walaupun mahasiswa belajar mandiri tapi bukan belajar sendiri karena setiap kegiatan akademik mahasiswa selalu didampingi UT dalam bentuk LPKBJJ ini.