Banner

Rapat Pembinaan Pokjar UPBJJ-UT Ambon 2016

RAPAT KOORDINASI DAERAH UPBJJ UT AMBON 2016

rakerda 2 19 of 1Guna mewujudkan sistem koordinasi yang baik antara UPBJJ UT Ambon dan para pengelola di seluruh Kelompok Belajar (Pokjar) di daerah Maluku maka UPBJJ UT Ambon menyelenggarakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakerda) yang rutin diadakan setiap satu tahun sekali. Pada tanggal 02 April 2016 bertempat di kantor UPBJJ UT Ambon telah dilaksanakan Rakerda tahun 2016 yang dihadiri oleh Kepala UPBJJ UT Ambon, Dra. Ranak Lince, S.Pd, M.Pd., para staf UPBJJ UT Ambon dan 14 orang pengelola dari Pokjar Namlea, Masohi, Bula, Piru, Taniwel, Larat, Taikur, Luhu, Amahai dan Kairatu.


rakerda 4 19 of 1Acara dibuka pukul  09.00 WIT dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya bersama-sama, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Panitia, Wellem Kuhuwael, S.IP. yang menyatakan  Koordinasi yang kuat antara pengurus Pokjar dan UPBJJ akan membawa dampak yang baik terhadap peningkatan kualitas layanan kepada mahasiswa UT di daerah  serta sambutan dari Kepala UPBJJ UT Ambon mengenai strategi pembenahan manajemen antara UPBJJ dan Pokjar diantaranya yaitu meningkatan kualitas layanan  dimana SDM  memiliki peranan yang sangat penting. Disampaikan juga Program Studi Sarjana (S1) dan Magister (S2) yang terdapat di Universitas Terbuka.

Koordinator Bantuan Belajar Layanan Bahan Ajar (BBLBA) UPBJJ UT Ambon, Lilian Hiariey, S.Pi., M.Si., turut memberikan materi mengenai strategi dalam peningkatan Tutorial Tatap Muka (TTM) dan Praktek Praktikum di daerah kepulauan serta sistem distribusi bahan ajar yang langsung diantar kepada pengelola di daerah-daerah sehingga modul akan tiba lebih cepat dan aman.


rakerda 3 19 of 1Penjelasan tentang layanan registrasi, proses penyerahan data pribadi mahasisawa baru, dan evaluasi mengenai registrasi diberikan oleh Meitha M. Kaihatu, S.Pi., M.Si., selaku Koordinator Registrasi dan Pengujian UPBJJ UT Ambon. Dimana terdapat perubahan terhadap alur proses penyerahan data pribadi mahasiswa baru, dan juga ditekankan agar mahasiswa dan calon mahasiswa untuk melakukan registrasi seawal mungkin (sesuai kalender akademik). Di dalam melakukan pelayanan kepada mahasiswa, UPBJJ UT Ambon menerapkan “One-Step Service” yang mencakup registrasi, pembayaran Lembar Informasi Pembayaran, Penerbitan Kartu Tanda Mahasiswa elektronik bagi mahasiswa baru, dan penyerahan bahan ajar untuk paket SIPAS (Sistem Paket Semester) atau pemesanan melalui Toko Buku Online (TBO). Selain itu juga diberikan informasi mengenai Sistem Ujian Online (SUO) oleh Achmad Sophian, S.Kom. selaku staf ICT UPBJJ UT Ambon dan agar para pengelola dapat memberikan informasi dan dukungan kepada mahasiswa untuk mendaftar SUO.

rakerda 5 19 of 1Kepala Sub-Bagian Tata Usaha UPBJJ UT Ambon, Faradi A. Ruskanda, S.Kom., menyampaikan materi berupa beberapa kebijakan umum UPBJJ UT Ambon, pembekalan kepada para pengurus Pokjar dalam hal kualitas pelayanan kepada mahasiswa, prediksi mahasiswa tahun 2016-2017, serta sosialisasi dan promosi (sosprom) yang telah dan yang akan dilaksanakan. Diadakan pula sesi berbagi ilmu, pengalaman dan pengetahuan dari beberapa pengurus Pokjar kepada peserta lain agar dapat menjalin rasa persaudaraan dan kebersamaan dalam membangun kerja sama yang baik antar pengurus Pokjar maupun antara pengurus Pokjar dan para staf UPBJJ UT Ambon sehingga tercapai sistem manajemen yang saling bersinergi dan mendukung satu sama lain.

PELATIHAN TUTOR UPBJJ UT AMBON 2016.1

patut 4 19 of 1PELATIHAN TUTOR UPBJJ UT AMBON 2016.1

UPBJJ – UT Ambon mengadakan pelatihan tutor Tutorial Tatap Muka (TTM) selama 3 (tiga) hari, sejak tanggal 08 sampai 10 April 2016 bertempat di gedung LPMP Provinsi Maluku dengan tema “Peningkatan Kualitas  Tutor dalam Penyelenggaraan Program Tutorial Efektif”. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala UPBJJ – UT Ambon, Dra. Ranak Lince, S.Pd., M.Pd. dan sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Dra.Ranak Lince, S.Pd., M.Pd., Dra. Asmara Taringan, M.Si. (LPPM UT), Dra. B. Pattiselanno, M.Pd. (mantan kepala UPBJJ - UT Ambon periode 2004-2011), Drs. J. E. Ratlalan, M.Si., M. T. Karepesina, S.Sos.,M.Si. dan Lilian S. Hiariey, S.Pi., M.Si.


patut 5 19 of 1

Peserta yang diundang berjumlah 35 (tiga puluh lima) orang terdiri dari tutor FKIP maupun Non FKIP, 14 (empat belas) orang peserta diantaranya berasal dari luar kota Ambon dan 21 (dua puluh satu) orang lainnya dari Kota Ambon, semuanya mewakili 11 Kabupaten/Kota se-Maluku. Materi yang disampaikan  antara lain: 1. Konsep Sistem Perguruan Tinggi Terbuka Jarak Jauh, 2. Konsep dan Prinsip Belajar Mandiri, 3. KIT Tutorial dan Pengembangannya, 4. Keterampilan Dasar Tutorial, 5. Ragam Metode Pembelajaran, 6. Pembelajaran Aktif dalam Tutorial, 7. Prinsip Pengembangan Bahan Presentasi, serta 8. Pemanfaatan Ragam Sumber Belajar dalam Pembelajaran dan Penjelasan Teknis dan Persiapan Praktek Tutorial Mini. Peserta bersemangat melakukan persiapan praktek tutorial mini yang dibagi dalam 5 (lima) kelompok, Penyelesaian Pengembangan RAT/SAT dan mereka tampil membanggakan sesuai dengan harapan layaknya pelaksanaan tutorial di kelas sebenarnya.

Read more: PELATIHAN TUTOR UPBJJ UT AMBON 2016.1

BERITA TERBARU


Pelatihan Tutor TTM 2017 Pelatihan Tutor TTM 2017 Demi meningkatkan layanan bantuan belajar di Universitas Terbuka (UT) khususnya di wilayah Maluku maka UPBJJ-UT Ambon mengadakan Pelatihan Tutor Tutorial Tatap Muka (TTM) yang berl...
DAFTAR WISUDAWAN/WATI YANG DIUNDANG KE UT PUS...

Berikut daftar lulusan yang diundang ke UT Pusat dalam rangka upacara wisuda yudisium periode 2 [ ... ]

Dies Natalis UT 33

Pada hari Senin, 4 September 2017 Universitas Terbuka berumur 33 tahun sejak diresmikan pada tangg [ ... ]

Other Articles

Berita