Banner

PELATIHAN TUTOR UPBJJ UT AMBON 2016.1

patut 4 19 of 1PELATIHAN TUTOR UPBJJ UT AMBON 2016.1

UPBJJ – UT Ambon mengadakan pelatihan tutor Tutorial Tatap Muka (TTM) selama 3 (tiga) hari, sejak tanggal 08 sampai 10 April 2016 bertempat di gedung LPMP Provinsi Maluku dengan tema “Peningkatan Kualitas  Tutor dalam Penyelenggaraan Program Tutorial Efektif”. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala UPBJJ – UT Ambon, Dra. Ranak Lince, S.Pd., M.Pd. dan sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Dra.Ranak Lince, S.Pd., M.Pd., Dra. Asmara Taringan, M.Si. (LPPM UT), Dra. B. Pattiselanno, M.Pd. (mantan kepala UPBJJ - UT Ambon periode 2004-2011), Drs. J. E. Ratlalan, M.Si., M. T. Karepesina, S.Sos.,M.Si. dan Lilian S. Hiariey, S.Pi., M.Si.


patut 5 19 of 1

Peserta yang diundang berjumlah 35 (tiga puluh lima) orang terdiri dari tutor FKIP maupun Non FKIP, 14 (empat belas) orang peserta diantaranya berasal dari luar kota Ambon dan 21 (dua puluh satu) orang lainnya dari Kota Ambon, semuanya mewakili 11 Kabupaten/Kota se-Maluku. Materi yang disampaikan  antara lain: 1. Konsep Sistem Perguruan Tinggi Terbuka Jarak Jauh, 2. Konsep dan Prinsip Belajar Mandiri, 3. KIT Tutorial dan Pengembangannya, 4. Keterampilan Dasar Tutorial, 5. Ragam Metode Pembelajaran, 6. Pembelajaran Aktif dalam Tutorial, 7. Prinsip Pengembangan Bahan Presentasi, serta 8. Pemanfaatan Ragam Sumber Belajar dalam Pembelajaran dan Penjelasan Teknis dan Persiapan Praktek Tutorial Mini. Peserta bersemangat melakukan persiapan praktek tutorial mini yang dibagi dalam 5 (lima) kelompok, Penyelesaian Pengembangan RAT/SAT dan mereka tampil membanggakan sesuai dengan harapan layaknya pelaksanaan tutorial di kelas sebenarnya.

patut 2 19 of 1Peserta pelatihan sangat antusias ketika melaksanakan pelatihan, hal ini dibuktikan dengan proaktifnya mereka menggunakan metode kunjungan kerja dalam mempraktekkan konsep dan prinsip belajar mandiri dan debat pendapat. Terkait dengan peningkatan sumberdaya tutor Universitas terbuka dalam memberikan materi perkuliahan kepada mahasiswa dapat menggunakan materi tambahan dari sumber manapun yang dapat dipercaya dan sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai dalam BMP. Hasil dari pelatihan ini diharapkan para tutor dapat bekerja dengan sistem dan metode yang lebih baik dari sebelumnya sehingga dalam penyampaian materi perkuliahan kepada mahasiswa dapat menjadi optimal, dan mahasiswa pun dapat menerima dan mencerna materi dengan lebih maksimal.