Banner

Pelatihan Tutor TTM 2017

Demi meningkatkan layanan bantuan belajar di Universitas Terbuka (UT) khususnya di wilayah Maluku maka UPBJJ-UT Ambon mengadakan Pelatihan Tutor Tutorial Tatap Muka (TTM) yang berlangsung pada tanggal 14 – 16 September 2017 dengan tema “Peningkatan Kualitas Tutor dalam Pelaksanaan Tutorial Tatap Muka”.


ketupatIMG 7645kepala

Peserta merupakan tutor TTM dari berbagai daerah antara lain Ambon, Kairatu, Langgur, Tual, Namlea, Piru, Dobo, Tiakur, Kisar, Larat, Amahai, Saparua dan Saumlaki yang berjumlah 34 orang. Sedangkan untuk fasilitator berjumlah 4 orang dari UPBJJ-UT Ambon antara lain Dra. Ranak Lince, S.Pd, M.Pd, Lilian S. Hiariey, S.Pi, M.Si, M. T. Karepesina, S.Sos, M.Si, Justinus E. Ratlalan, SE, M.Si dan Nonce Wattimena, S.Pd. Perwakilan dari UT Pusat sebagai instruktur yaitu Drs. Elang Krisnadi, M.Pd.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari di Hotel Marina Ambon ini betujuan untuk membekali para tutor agar memahami Sistem Pendidikan Terbuka dan Jarak jauh (SPTJJ) yang diterapkan UT.

IMG 7656IMG 7665IMG 7671

Pada hari pertama (Kamis, 14/09/17) kegiatan dibuka pada pukul 08.30 WIT oleh kepala UPBJJ-UT Ambon Dra. Ranak Lince, S.Pd, M.Pd yang menjelaskan bahwa UT memberikan kesempatan pendidikan kepada siapa saja, tidak membatasi usia, domisili, tahun ijazah, penyelesaian waktu studi, pemilihan program dan matakuliah.

IMG 7696IMG 7775IMG 7788

Selanjutnya Koordinator Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar (BBLBA) menjelaskan tugas dan kewajiban peserta selama pelatihan serta jadwal kegiatan ini dan Konsep dan Prinsip Belajar Mandiri. Sedangkan instruktur mengupas lebih rinci lagi terkait strategi belajar mandiri dan praktek. Dilanjutkan Pengembangan KIT Tutorial , Pengembangan RAT dan SAT oleh fasilitator UPBJJ.

IMG 7796IMG 7873IMG 7723

Pada hari kedua (Jumat, 15/09/17) peserta dilatih tentang pembelajaran aktif dalam tutorial, ketrampilan dasar tutorial dan ragam metode pembelajaran. Setelah itu dilanjutkan dengan prinsip pengembangan bahan presentasi dan pemanfaatan ragam sumber belajar dalam pembelajaran serta tugas tutorial. Hari kedua ditutup dengan perencanaan tugas tutorial, teknik praktek tutorial mini dan memperisapkan SAT serta bahan presentasi untuk dipraktekan keesokan harinya.

IMG 7969IMG 7991IMG 8003

Hari ke-tiga (Sabtu, 16/09/17) para peserta dibagi dalam 5 kelompok di ruangan terpisah untuk melakukan praktek tutorial mini dimana masing-masing peserta diberi waktu ± 20menit. Selanjutnya pada jam 12.30 WIT acara penutupan sekaligus penyerahan sertifikat pelatihan tutor oleh kepala UPBJJJ-UT Ambon.


IMG 8038 1


IMG 8062


Pelatihan berjalan dengan efektik dan interaktif dimana  para peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini. Hal ini dibuktikan dengan berbagai pertanyaan dan usul dari para peserta. Diharapkan setelah pelatihan ini para tutor dapat menerapkan semua yang telah dilatih saat kembali ke daerah masing-masing.

BERITA TERBARU


Partisipasi UPBJJ-UT Ambon Pada Event Pesparawi ke... Partisipasi UPBJJ-UT Ambon Pada Event Pesparawi ke X Maluku Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) ke X tahun 2017 Tingkat Provinsi Maluku digelar di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) diwarnai dengan berbagai kegiatan diantaranya pamera...
Partisipasi UPBJJ-UT Ambon Pada Event Pespara...

Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) ke X tahun 2017 Tingkat Provinsi Maluku digelar di Kabupat [ ... ]

Pelantikan Kasubag TU dan Koord. Regjian UPBJ...


Pada hari Rabu, 29 November 2017 di Aula UPBJJ-UT Ambon, berlangsung upacara pelantikan Kepala S [ ... ]

Other Articles

Berita